Cara Mudah Menghafal Rumus Jumlah dan Selisih Sudut Trigonometri

Yap....
Kita ketemu lagi...

Kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menghafal rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut versi makhlouk 'lelet-ngapal' seperti saya.

Kita mulai dengan empat rumus dasar jumlah dan selisih. seperti berikut...
Mungkin saya perlu sedikit menjelaskan di sini. 
Bagi saya trigonometri itu sebenarnya hampir sama dengan kehidupan kita. 

Saya 'definisikan' trigonometri sebagai cara saya merespon tiga orang gadis cantik dengan tiga karakter yang jauh berbeda... (he..he.. ngajak menghayal rada liar nih...) Atau pria ganteng deh untuk pembaca kaum hawa... atau terserah deh siapa objeknya khusus untuk yang LGBT atau yang orientasinya berbeda.., makanan juga boleh... (#ngayurbeneran)

Sinus saya pandang sebagai gadis/pria/apapun (kuda juga boleh   :) ) yang 'lurus-lurus aja'. Mengikuti aturan, cenderung adil, yah.. act and react properly lah....

Kalau Cosinus, rada nyentrik.. semaunya. buat dia bertolak belakang dengan umumnya manusia nggak jadi masalah asal semuanya running well. masih bagus sih.. masih bisa dipahami walau agak rumit.

Kalau Tangen... nah ini dia. Totally complicated... Rumit. Pake Bangets. Buat saya Tangens tuh lebih baik saya hindaraai ketemu dia. kalo papasan di gang, saya lebih memilih gang lain walaupun konsekuansinya harus menempuh jarak dua atau tiga kali lipat. Itu lebih baik daripada kena dampraatsss!!! Tuh kan dah keluar pentungannya. Udah deh.., untuk urusan yang satu ini saya pilih lepas Tangens.. angkat Tangens. Nyerah...!

Oke.. dari konsep gadis 'Trio Macan' tadi, kita lihat lagi rumusnya ya.


Untuk Sinus.. saya hafalkan : Sin = Sin Cos + Cos Sin, atau lebih singkat Sin=SinCosCosSin
                        (baca.. Sin (jeda sebentar) SinCosCosSin)

Saya coba perjelas untuk yang cosinus.

Untuk Cosinus.. Saya hafalkan : Cos = CosCos - SinSin, atau lebih singkat Cos=CosCosSinSin
                         (baca.. Cos (jeda) CosCosSinSin. Tanda berkebalikan dengan tanda di kiri sama     
                         dengan. (Ingat.. Cos itu tipikal yang nyentrik dan melawan arus, tapi masih bisa 
                         dipahami)

Untuk Tangens, rumus dasar masih mudah untuk dihafalkan. kalau sudahrumus turunan, saya lebih memilihi menggunakan sin per cos daripada hrs mengingat-ingat kerumitan tangens.. nggak deh... Mudah-mudahan saya bisa berikan contoh soalnya nanti...

Untuk Tangens... Saya hafalkan Tan = Tan+Tan Per 1-TanTan. (Baca; Tan (jeda) TanTan (jeda) per (jeda) 1MinTanTan).

Oke,,, dari penjelasan di atas kita sudah dapat meringkas keenam rumus dasar menjadi

Sin   SinCosCosSin
Cos  CosCosSinSin
Tan   TanTan per SatuMinTanTan
Untuk tanda, hanya Cos yang berkebalikan.
Atau kalian boleh memilih cara lain yang kalian anggap lebih nyaman untuk diingat ulang saat ulangan harian.

Ke depan kita akan membahas cara mudah menghafalkan rumus Trigonometri yang lebih rumit.. cukup sampai di sini dulu. Coba cek sisi kepala kalian... kalau-kalau mulai ada yang retak ... kalo ga ada.. berarti aman.. kepala Anda belum menunjukkan tanda-tanda mau peccaaahhhh.... he..he..

Selamat Belajar...!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »