Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan dan Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara perkembangbiakan tumbuhan, pengertian perkembangbiakan vegetatif, contoh perkembangbiakan vegetatif alami; membelah diri, fragmentasi, spora, tunas, tunas adventif, rhizoma, stolon, umbi batang, umbi lapis dan umbi akar. Dan perkembangbiakan vegetatif buatan; menangkok, menyambung, merunduk, okulasi, mengenten (okulasi). stek, dan kultur jaringan.

Selain beradaptasi, hal lain yang dilakukan makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya adalah berkembang biak (bereproduksi).

Proses perkembangbiakan pada makhluk hidup dapat dilakukan di antaranya dengan beranak, bertelur, bertunas, menge luarkan spora, dan membelah diri. Secara umum, perkembangbiakan dapat dilakukan secara vegetatif dan generatif.

Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses perkawinan atau peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Reproduksi secara vegetatif dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat rendah dan tingkat tinggi (tumbuhan).

Contoh Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan. Perkembangbiakan ini disebut perkembangbiakan aseksual. Ada dua macam perkembangbiakan vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Reproduksi vegetatif dapat terjadi karena bantuan manusia, yang disebut perkembang biakan vegetatif buatan dan terjadi tanpa bantuan manusia, yang di sebut perkembangbiakan vegetatif alami.

a. Vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi apabila berlangsung sewajarnya tanpa campur tangan manusia.

Reproduksi vegetatif alami adalah sebagai berikut.

1. Pembelahan Sel

Pembelahan sel terjadi pada tumbuhan berel satu. Misalnya, pada bakteri dan alga yang bersel satu antara lain Chlorella.


2. Fragmentasi


Fragmentasi adalah reproduksi aseksual dengan cara memisahkan sebagian tubuhnya yang kemudian menjadi individu baru. Misalnya dengan pembentukan hormogonium adalah potongan benang yang terpisah dari benang lama dan kemudian menjadi benang baru, antara lain terjadi pada Oscillatoria atau alga biru.
fragmentasi pada oscilatoria (tumbuhan)
fragmentasi pada planaria
masing-masing potongan membentuk individu baru

3. Tunas (budding)

Pembentukan tunas terjadi pada tumbuhan tingkat tinggi dan biasanya disebut anakan, misalnya hydra, paku, rumput, dan pisang. pada tumbuhan tersebut, bagian batang yang ada di dalam tanah dapat membentuk tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru dekat induknya dan membentuk koloni.
tunas pada hydra

tunas pada pisang dan bambu

4. Tunas Adventif

Tunas adventif dalah tunas yang tidak tumbuh pada ketiak daun atau ujung batang, tetapi tumbuh pada bagian tanaman yang biasanya tidak bertunas, misalnya pada akar atau daun. contoh cocor bebek (Bryophyllum), kesemek, dan sukun.
tunas advetif pada cocor bebek

5. Spora

Reproduksi vegetatif dengan pembentukan spora, misalnya pada jamur, lumut, dan paku.
siklus pembentukan spora pada tanaman paku

6. Rhizoma

Rhizoma adalah batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah dan membengkak karena berisi cadangan makanan. Pada ketiak dari sisik dan ujung rhizoma terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru , misalnya: kana, lengkuas, ganyong, kunyit, dan keladi.
rhizoma pada lengkuas, temulawak, jahe, kunyit dll

7. Stolon

Stolon adalah batang yang tumbuh menjalar dalam tanah, tetapi tidak membengkok, seperti halnya dengan rhizoma. Di ketiak sisi dan ujung stolon terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Misalnya : alang – alang dan rumput teki.
stolon pada rumput teki dan strowberi

8. Umbi Batang

Umbi batang adalah batang di dalam tanah yang berubah fungsi menjadi tempat cadangan makanan. Di beberapa tempat dari umbi terdapat mata tunas. Jika umbi batang ditanam, tunas tersebut akan tumbuh menjadi individu baru. misalnya :  kentang dan ubi jalar.
umbi batang pada kentang



9. Umbi Lapis

Umbi lapis adalah batang yang pendek, ruas – ruasnya sangat rapat, dan dikelilingi oleh berlapis – lapis daun yang saling menutup. Pada ketiak daun terdapat calon tunas (siung) yang dapat tumbuh menjadi individu baru. misalnya : bawang merah dan bawang putih.
berbagai enis umbi lapis

10. Umbi Akar

Umbi akar adalah pangkal akar yang membengkak berisi cadangan makanan. misalnya: singkong, dan wortel. jika pada umbi akar tidak terdapat tunas adventif. maka tidak merupakan alat reproduksi vegetatif. Misalnya: singkong.

singkong memiliki umbi akar

b. Vegetatif Buatan

perkembangbiakan vegetati buatan adalah perkembangbiakan aseksual yang disebabkan adanya campur tangan manusia di dalam prosesnya.

1. Mencangkok

Mencangkok adalah cara perkembiakan vegetatif dengan membuang sebagian kulit dan kambium secara melingkar.kambium harus di buang sampai bersih. Tujuan mencangkok adalah untuk memperoleh tumbuhan yang cepat berbuah dan sifatnya sama dengan induknya. Misal : mangga, sawo, jeruk , dan rambutan.



2. Menempel

Menempel adalah menggabungkan bagian tubuh dua tanaman yang mempunyai sifat berbeda. masing – masing tanaman umumnya mempunyai kelebihan. misalnya : dengan menempelkan mata tunas tumbuhan yang buahnya banyak pada tumbuhan yang sistem perakarannya baik. Misal: jeruk, kopi, dan karet.

3. Merunduk

Merunduk adalah membengkokkan bagian batang atau cabang kebawah, kemudian di benamkan ke dalam tanah. pada bagian cabang yang tertimbun tanah akan tumbuh akar. setelah akarnya kuat bagian cabang ini di potong. Misal: alamanda, anyelir, apel, dan anggur.

4. Menyambung (Okulasi)

Pada dasarnya menyambung sama dengan menempel, yaitu menggabungkan bagian dua tanaman yang mempunyai sifat berbeda. tanaman yang perakarannya kuat di sambung dengan tanaman yang buahnya baik. Misal: kopi dan buah – buahan.

5. Stek

Stek adalah memperbanyak dengan potongan-potongan batang, yang ditanam, lalu tumbuh menjadi tanaman baru. Potongan-potongan tersebut harus punya buku-buku. Banyak dilakukan terhadap ubi kayu, tebu, tanaman pagar, dan lain-lain.

6. Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah menanam jaringan tmbuhan pada substrat (bahan makanan buatan), sehingga tumbuhan menjadi tanaman yang sempurna dan mampu di pindahkan, misalnya : anggrek.
teknik perkembangbiakan kultur jaringan
kultur jaringan pada tanaman kaktus



Cukup sekian berbagai macam perkembangbiakan secara vegetatif baik alami maupun buatan. Semoga bermanfaat.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments