Tips Mudah Mengingat Rumus Trigonometri Lengkap.

Ya... kita bertemu lagi..
Untuk postingan kali ini, saya akan menjelaskan cara mudah menghafal rumus trigonometri bagian sin 2A, sin 3A dan sin 4A. Sebenarnya menghafal --setidaknya bagi saya sendiri-- nggak betul betul mudah sih... tapi setidaknya mempermudah... kalo tingkat sulitnya sampai 98% ya.. diturunkanlah kira-kira jadi ...97% (ga siginifikan kaleee'....)

Setidaknya agak lebih mudah lah... Ok langsung saja saya tampilkan bagannya


Oh ya..
Pastinya kalian akan bingung jika belum menguasai materi ini, ini dan ini.

Sebagaimana postingan saya sebelumnya.., di sini saya tidak akan menjelaskan pembuktiannya. tetapi lebih ke cara menghafalkannya. Jika kalian bisa merunut dari pembuktian sin (a+2a) atau sin(2a+2a), memang akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Kalian hanya perlu menghafalkan angka di dalam lingkaran merah itu. Sambil memperhatikan bentuk persamaannya. dari beberapa panah yang saya gambarkan.

Sehingga, sebenarnya kalian hanya perlu betul-betul menghafal beberapa poin ini...

Saya yakin, kalian --setelah berlatih beberapa soal terkait-- sudah cukup familiar dengan rumusan yang di sebelah kiri. Untuk rumusan sin 3A dan sin 4A sebenarnya tidak harus dihafal jika kalian bisa menurunkannya. Stepnya mudah kok, hanya mengaplikasikan rumusan sin (A+B) dan sin 2A di sebelah kiri bagan itu. Dan hanya 4 atau 5step saja.

Tetapi jika memang kalian lbh mudah menghafal.., ya.. bagan di atas bisa jadi alternatif.
bagan lengkap (hampir) seluruh rumusan ada di bawah ini...

 Tabel Ringkasan Rumus Trigonometri

Tanda negatif merah di kanan tabel menandakan bahwa, rumusan di sebelah kanan didominasi oleh operasi pengurangan.

Tabel tersebut memang tidak menampung semua rumusan. Hanya rumusan yang lumayan sulit diingat. Untuk rumusan lain seperti kuadran dan segitiga, ada di postingan sebelumnya.

Jika kalian ingin mendonlod dan menyimpan kopinya.., kalian klik saja gambar bagan di atas.  :)

Sedikit Tips

Saat kalian akan ulangan harian yang menguji kemampuan trigonomrtri anda, atau ulangan umum, atau UN. Yang pertamakali kalian lakukan agar teringat dengan rumusan ini adalah 
1, menuliskan empat rumus dasar ini...

2. Setelah itu menuliskan rumusan ini di sampingnya..


3. Tidak perlu diuraikan dulu. tinggal lihat soalnya mengarah ke rumusan mana. ke kanan atau ke kiri atau ke atas.

Simpel kan...?

Ya.. Cukup sampai di sini.. jika kalian ada pertanyaan bisa masukkan komentar. Kritik dan saran saya tunggu ya...

Selamat Belajar.., dan tetap semangat..!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »