Cara Mudah Menghafal Rumus Trigonometri Sudut Segitiga, Sudut Istimewa, Identitas Trigonometri Contoh Soal dan Pembahasannya

Hellow.... kita jumpa lagi pada postingan kali ini.

Sekarang kita akan membahas mengenai sebuah bab yang bagi saya cukup sulit dan 'rada nyebelin'. Kenapa?

Karena saya suka matematika, alasan saya suka dengan matematika adalah "tidak ada hafalannya". Jadi, sekali faham rumus.. yacukup, dan bisa mengerjakan puluhan soal. Tapi bab ini ya.. 'rada nyebelin' itu tadi. Sebab di bab ini mautidak mau kita harus menghafalkan puluhan rumus untuk bisa menguasai seluruh babnya... Hadeehh.... cape deeh....

Akhirnya... ni otak yang IQ nya rada jongkok di bagian ngapal ini itu, terpaksa muter rada keras mencari cara untuk menghafalkan rumus versi orang yang rada lelet ngapal.

Akhirnya.., ketemu deh beberapa cara mengingat rumusan. Sebagian saya dapat dari bimbel, sebagian lagi hasil dari muterin rpm ni otak lbh cepat. Mudah-mudahan cara mudah mengingat ini cocok untuk kalian atau setidaknya bisa menjadi inspirasi untuk membuat model menghapal style kalian sendiri.

Oke.. selamat menikmati deh...

Cara Menghafal Rumus Dasar Trigonometri - Sudut Segitiga

Cara ini untuk mengingat berapa Sin A, Cos A dan Tan A. Ini rumus dasar. Mungkin sebagian dari kalian juga sudah tahu dan mempraktekannya. Yakni Sindemi-Cosami-Tandesa.

Lebih lengkapnya sebagai berikut.

Keterangan : miring
                        depan
                        samping

Contoh Soal.

1. Diketahui sebuah segitiga Sin C = 0,8. Tentukan nilai Cos C dan Tan C.

Jawab


Sisi samoing (alas) perlu kita cari menggunakan teorema pythagoras. Disini saya langsung menemukan angka 6. Bagi yang bingung dari mana angka 6 saya dapatkan, dapat merujuk ke postingan saya
Sehingga seperti gamber berikut. Langusung kita cari nilai Cosinus dan Tangennya,,


Mudah Bukan...?

Cara Menghafal Rumus Dasar Trigonometri - Sudut Istimewa

Saya biasanya menggunakan dua buah segitiga untuk mengingatnya. Seperti di bawah ini

Saya punya logika yang memudahkan dalam mengingat kedua segitiga ini. 

Untuk segitiga yang 30 dan 60 derajat, saya membuat segitiga siku-siku yang tidak sama sudut dan sisinya. saya ingat angka 1-2-akar3.
1 saya letakkan di sisi paling pendek. 2 saya letakkan di sisi paling panjang/sisi miring. sisanya akar 3. Berhadapan dengan 1 (sisi paling pendek) adalah sudut 30 derajat. sisanya sudut 60, dan tentunya sudut 90 derajat di hadapan sisi yang paling panjang/sisi miring.

Untuk sudut 45o lebih mudah. karna kedua sisinya sama. saya hanya mengingat angka 1-1-akar2





Bila cara ini kurang cocok untuk Anda, Anda bisa menghafalkan tabel di bawah ini dengan memperhatikan polanya....


Mudah bukan...?

Masih belum mudeng juga....?

Haduh....(he..he.. becanda) masih ada lagi cara menghafal dengan tabel berikut.

Coba kalian perhatikan polanya. Angka di atas memang bukan hasil akhir.., tapi mudah-mudahan bisa mempermudah mengingat angka dengan hanya memahami bahwa urutan yang  harus dihafal hanya akar nol hingga akar empat. Dan untuk tangen.. tinggal membagi antara sin dengan cos saja. Rumusan ada di sebelh kanan tabel.

Kalo masih susah juga.., saya sarankan Anda untuk mengecek ulang secara berkala kedua jempol kaki Anda....(he..he.. ganyambung banget..)

Ya... itu cara mengingat beberapa rumusan pythagoras. Masih ada yang lain yang akan menyusul di postingan di bawah ini. Pastikan Anda faham dulu konsep di atas, baru Anda coba fahami beberapa cara mudah di bawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »