Cara Mudah Menghafal 1001 Tripel Pythagoras (Triple Pythagoras)

Cara Mudah Menghafal 1001 Tripel Pythagoras (Triple Pythagoras)

Tripel Pythagoras adalah pasangan sisi-sisi segitiga yang keseluruhannya adalah Bilangan Bulat. sebagaimana kita ketahui, banyak pasangan sisi-sisi segitiga siku-siku yang berakhir pada angka tak bulat.
Pasangan Tripel Pythagoras berjumlah tak terhingga/tak terbatas. Namun, ada cara yang mudah untuk menghafalkannya.

Coba perhatikan penjelasan berikut.


Terdapat dua jenis tripel pythagoras, yakni Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dan Triple Pythagoras Kelipatan (Non-Primitive Triple Pythagoras).
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) adalah tripel pythagoras yang memiliki perbandingan panjang sisi-sisi yang tidak bisa di sederhanakan lagi. Misalnya 3, 4, 5 adalah Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras). Adapun 6, 8, dan 10 adalah Tripel Pythagoras Kelipatan (Non-Primitive Triple Pythagoras).
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana  c < 100 (c adalah panjang hipotenusa/sisi miring) adalah sebagai berikut.
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana c<100
Adapun, Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana  c > 100 (c adalah panjang hipotenusa/sisi miring) adalah sebagai berikut.
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana c>100
Lantas..., bagaimana caranya kita menghafal 1001 tripel Pythagoras dengan mudah?   :'(

Tenang.... Seperti sudah dijelaskan di awal, bahwa terdapat tripel pythagoras kelipatan. Misalnya tripel pythagoras 3-4-5 memiliki tripel pythagoras kelipatan yang juga tidak terbatas yakni; 6-8-10, 9-12-15, 12-16-20, 15-20-25.. dan seterusnya. jadi, dengan mengetahui hanya satu saja tripel pythagoras sederhana dan mengalikannya dengan bilangan bulat dari satu (1) hingga seribu satu (1001), Anda sudah dapat dinyatakan hafal 1001 tripel pythagoras! he..he..

Tripel pytagoras yang ada di atas toh juga jarang dikeluarkan dalam ulangan atau ujian. Yang sering dikeluarkan paling-paling hanya 4 atau 5 tripel dasar dan kelipatannya. Bisa dibuka di tautan ini.

Oke.. itu pemahaman tentang tripel pythagoras. bagaimana cara menggunakannya dalam penyelesaian soal? Anda dapat mengikuti materi selanjutnya tentang Cara Mudah Mengerjakan Soal Matematika Teorema Pythagoras tanpa Rumus...!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »