Cara Mudah Mengetahui dan Menghafal 11 jaring-jaring Kubus

Cara Mudah Mengetahui dan Menghafal 11 jaring-jaring Kubus

Tentu kita semua tahu bahwa kubus memiliki jaring-jaring seperti di bawah ini...





Ada banyak model jaring-jaring kubus, dan di Ujian SD, bahkan di Ujian Nasional SMP sering dikeluarkan soal mengenai jaring-jaring kubus. Terkadang kita mengalami kesulitan menemukan beragam jaring-jaring kubus. Bahkan, meskipun mungkin kita sudah mengetahui beragam model jarng kubus seperti di bawah ini, kita sering terlupa mengingat ke-sebelas model tersebut.

11 Macam Jaring-jaring Kubus
Bagaimana cara mengingatnya dengan mudah?

Begini. 
Kita bayangkan bahwa setiap persegi yang ada di jaring jaring-jaring kubus tersebut dapat bergeser ke kiri atau ke kanan selama posisi alasnya datar.
Mari kita lihat beberapa gambar berikut...

Pertama, kita pilih jaring kubus yaang paling familiar bagi kita, misalnya jaring ini...


Dari jaring kubus berbentuk seperti di atas, kita geser persegi atas (warna merah) ke kanan terus hingga sisi itu mencapai ujung (di atas persegi paling kanan). Kemudian kita menggeser persegi bagian bawah ke kanan. Begitu seterusnya pergeseran dilakukan hingga mendapatkan berbagai jaring-jaring kubus seperti di bawah ini.

Saya sendiri lebih menyukai susunan seperti di atas ini. Mungkin kurang rapi. Tapi susunannya sesuai dengan alur logika saya dalam menyusun jejaring kubus ini.
Kalian lihat, pada dua baris pertama kita hanya perlu menggeser sisi berwarna merah (baik yang atas maupun bawah). Hanya satu pengecualian di kotak yang diberi tandasilang merah, tidak digunakan krn berulang dengan bentuk sebelumnya. Di kotak itu saya gantikan dengan bentuk yang nampak berada di kotak panah hitam.
Pada baris ketiga dan keempat, kita perlu menggeser sisi berwarna hijau, biru, juga merah,

Perhatikan pergeserannya. Perlu saya jelaskan pada baris ketiga, model yang paling kiri. Model ini berasal dari model tepat di atasnya. Hanya menggeser sisi warna hijau ke bagian atas. Model sebelah kanannya (masih di baris ketiga), hanya menggeser sisi warna merah kekanan. Dan model sebelah kanannya juga hanya menggeser sisi warna merah ke bagian paling kanan. 

Untuk baris ke empat. satu-satunya model yang ada disitu sebenarnya berasal dari kotak yang ada di atasnya. Hanyamenggeser sisi warna biru satu langkah kebawah. 

Bentuk yang ada di kotak hitam, adalah bentuk pengecualian dari "Konsep Geser Satu Sisi" yang saya paparkan ini. Namun bentuk itu adalah juga jaring-jaring kubus.
Dari gambar di atas, dapat kita simpulkansebenarnya bahwa arah geser ssi itu adalah seperti gambar di bawah ini.


Cukup mengingat salah satu bentuk jaring-jaring kubus, dan mengingat jumlah total seluruhnya adalah 11 macam (sebenarnya lebih, hanya saja banyak yang bentuknya berulang) dan menggeser salah satu sisi terluar, kita dapat membuat keseluruh macam (11) jaring-jaring kubus tanpa menghafalkannya. Mudah bukan..?



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »