Cara Mudah Memahami Bilangan Bulat dan Membedakan antara Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan, serta Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif

Cara Mudah Memahami Bilangan Bulat dan Membedakan antara Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan, serta Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif.


Pada materi kali ini kita akan mempelajari Bilangan Bulat, membedakan dengan Bilangan Pecahan serta mencoba memahami Bilangan Bulat Positif dan Negatif


diagram bilangan
Diagram Bilangan

Pada diagram di atas.. nampak bahwa Bilangan Bulat sebenarnya terdiri dari Bilangan Cacah, dan Bilangan Asli yang merupakan bagian dari "Bilangan Bulat Positif" serta "Bilangan Bulat Negatif".

Bilangan Bulat, bersama-sama Bilangan Pecahan dan bilangan desimal bersama-sama membentuk Bilangan Rasional.

Adapun Bilangan Irrasional, terbentuk dari sederetan angka yang tidak dapat diubah bentuknya mencadi pecahan (a/b). misalnya bilangan akar, dan bilangan desimal yang tidak berulang dan tidak berakhir seperti 1,234567865677.....

Jadi, bilangan secara garis besar terbagi dulu ke dalam bilangan rasional dan bilangan irrasional. Mudahnya, bilangan rasional adalah bilangan yang mudah kita melihat bentuk wujudnya baik itu pecahan (1/2 jeruk misalnya, atau 0,75 atau 3/4 apel, atau 5 ekor ayam) sedangkan irrasional, untuk melihat wujud angkanya saja sudah kesulitan. Angkanya tidakbisa ditampilkan kecuali dengan pendekatan. misalnya 'akar 2', angkanya sangat sulit dituliskan karena komanya sampai tak berhingga.

Lalu, Bilangan Rasional terbagi lagi menjadi bilangan bulat dan bilangan pecahan. ni sudah jelas ya...

Lalu bilangan bulat terbagi menjadi bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Bilangan pecahan juga terbagi menjadi pecahan positif dan pecahan negatif.

Bilangan bulat positif juga biasa disebut bilangan cacah. Bilangan cacah dimulai dari bilangan nol (0) hingga tak berhingga positif.

Lalu, bilangan cacah dibagi menjadi bilangan asli dan NOL. bilangan asli adalah bilangan yang biasa kita temukan sehari-hari. mulai dari satu (1) hingga tak berhingga positif.

Demikian, semoga bermanfatat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »