Persamaan dan Perbedaan antara Sel Hewan dan Tumbuhan, Organel, Struktur, dan Bagian sel



Pada materi kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan dan persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Juga akan kami sertakan gambar skematis dari perbedaan dan persamaan sel ini.

Persamaan dan perbedaan sel hewan dan tumbuhan, organel, struktur, bagian sel
Gambar Persamaan dan Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan
Gambar di atas dapat membantu kita menghafal persamaan dan perbedaan kedua sel. Kalian ingat-ingat saja bagian perbedaannya terlebih dahulu. Adapun persamaan kedua sel tinggal mengingat secara bersamaan.

Tabel perbedaan sel hewan dan tumbuhan, struktur, organel, sitokinesis, cadangan makanan
Tabel Perbedaan antara Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Sitokinesis 
adalah kondisi  dimana sel sebenarnya telah sempurna membalah diri, namun masih tersisa proses pemisahan membran menjadi agar sel sempurna menjadi dua sel anak. Sel hewan membentuk cleavage furrow (rongga; seperti lembah), filamen actin dan myosin meremas bersama-sama drngan tujuan memotong selmenjadi dua. Sel tumbuhan agak berbeda, di antara kedua sel tersebut membentuk lapisan sel (cell plate), dan cell plate ini akan membentuk dinding sel saat sel telah sempurna terbelah.

Glyoxysome 
adalah peroksisom khusus yang terdapat pada jaringan penyimpan lemak pada biji yang berkecambah, juga terdapat pada filamen jamur.

Peroxisom 
adalah organel kecil yang ada di sitoplasma sebagian besar sel yang mengandung enzim katalase

Desmosom 
adalah struktur yang melekatkan dua sel berdampingan, bentuknya dari plak/lapisan protein dalam membran sel yang dihubungkan dengan filamen.

Skema Persamaan dan perbedaan sel hewan dan tumbuhan, organel, struktur, bagian sel
Gambar Skematis Perbedaan dan Persamaan Sel Hewan dan Tumbuhan


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »