Pengertian Sains, Biologi, Saintis(Ilmuwan), Sejarah Perkembangan, Penemu dan Penemuan, Bidang Kajian dan Cabang-cabang dan metode ilmiah dalam Biologi

1. Sains dan Biologi


Sains  atau ilmu pengetahuan berasal dari bahasa Latin,yaitu scientia yang berarti memiliki pengetahuan atau mengetahui.

Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang disusun secara konsisten dan telah teruji kebenaranya dengan metode ilmiah,

Pengetahuan adalah kumpulan ilmu yang diperoleh berdasarkan kemampuan kita merasakan dan berpikir.

Ilmu pengetahuan atau sains dapat didefinisikan sebagai fakta yang diperoleh berdasarkan penelitian secara cermat.

Saintis adalah orang yang ahli khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan alam.

Sains memiliki beberapa ciri, antara lain :
a. Objektif
b. Sesuai logika atau muatan lokal
c. Dinamis atau dapat dikembangkan
d. Objeknya berupa benda-benda nyata dan
e. Menggunakan  langkah-langkah sistematis ( teratur dan berurutan sesuai aturan yang baku )

Biologi adalah sains mengenai makhluk hidup. Kata biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu.

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupanya mulai dari unit terkecil penyusun makhluk hidup seperti sel, jaringan, dan organ, sampai sistem kehidupan terbesar yaitu biosfer.

Biologi lahir dan berkembang melalui pengamatan dan percobaan ,kegiatan pengamatan dapat dilakukan dengan menggunakan alat indara maupun alat ukur. Pengamatan menggunakan alat indra di sebut pengamatan kualitatif dan pengamatan menggunakan alat ukur disebut kuantitatif. Biologi mempelajari makhluk hidup atau biotik.

a. Sejarah Perkebangan Sains Biologi


Pada tahun 1665, Robert Hooke menyumbangkan penemuan besar bagi biologi dengan menemukan sel.karyanya di bidang fisika,mekanika. Jasanya dibidang biologi yang terkenal ketika menerbitkan buku yang berjudul Mickrographia di tahu 1665.

Buku tersebut berisi lukisan microskopis dari microskop buatanya.lukisanya yang sangat terkenal adalah lukisan sayatan gabus tutup botol didalam lukisan tersebut tampak bahwa gabus tutup botol tersusun seperti kamar-kamar kecil atau sel.

Sejak saat itu, biologi terus berkembang dengan adanya penemuan-penemuan dengan adanya penemuan baru. Akhir tahun 1800-an merupakan periode yang sangat pentig bagi biologi karena adanya penemuan dari Charles Darwin. Ia melaporkan hasil penelitianya selama 20 tahun tentang terjadinya perubahan pada makhluk hidup yang sejalan dengan perjalanan waktu. 

Hasil penelitian ini dikenal sebagai teori evolusi.perkembangan biologi terus meningkat sejalan dengan ditemukanya mikroorganisme oleh Louis Pasteur.

Dan banyak juga beberapa saintis lainya berhasil  menyumbangkan hasil penelitianya bagi perkembangan sains.

Karl Landsteyiner, golongan darah, Gregor J. Mendel, hukum hereditas, Emil von Behring Vaksin DPT, Rosalind Frenklin, Struktur DNA dan RNA menggunakan sinar x, Edward Jenner, Vaksin cacar, Alexander Flemming, antibiotik penisilin, Jonas Edward Salk, Vaksin polio, Robert Koch, Bakteri penyebab TBC
Saintis dan Penemuannya

b. Bidang Kajian Biologi


Ada banyak sekali cabang-cabang ilmu Biologi. 


2. Metode Pengamatan Gejala Biologi

Metode ilmiah merupakan metode atau cara untuk memecahkan amasalahyang di hadapi melalui tahapan-tahapan tertentu.tahapan metode ilmiah antara lain :
- Merumuskan masalah
- Mengumpulkan keterangan atau data
- Menyusun dugaan atau hipotesis
- Melakukan percobaan untuk menguji dugaan
- Membuat kesimpulan 
- Menguji kesimpulan dengan percobaan ulang.

Perumusan masalah dalam metode ilmiah dimulai dengan melakukan pengamatan atau observasi dan semua informasi yang didapat disebut petunjuk empiris.

Sikap ilmiah adalah sikap untuk bertindak sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan .sikap tersebut adalah rasa ingin tahu, objektif, jujur, terbuka, tekun serta berani dalam mengajukan pernyataan dan beragumentasi.

Variabel adalah faktor atau perlakuan yang berpengaruh terhadap hasil percoban dan memiliki ukuran tertentu. 

Ada empat macam variabel antara lain:
- Variabel kontrol yaitu faktor yang dibuat sama persis dan terkendali
- Variabel bebas yaitu faktor yang dibuat secara bervariasi
- Variabel terikat atau variabel respon yaitu faktor hasil dari variabel kontrol dan bebas
- Variabel pengganggu yaitu faktor yang menyebabkan respon yang didapatkan berbeda dengan            harapan.







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »