Contoh Soal Teka-teki Matematika dan Jawabannya

1.    Aminah memerlukan waktu 5 hari untuk membaca buku sampai selesai. Adiknya perlu 8 hari untuk membaca buku yang sama sampai selesai. Jika Aminah membaca 15 halaman lebih banyak daripada adiknya setiap hari, berapa banyak halaman buku tersebut?

Jawab :

Aminah membaca 5 x 15 halaman = 75 halaman lebih banyak dari saudaranya dalam 5 hari. Saudaranya membaca 75 : 3 = 25 halaman setiap hari. Banyak halaman buku adalah  8 x 25 = 200 halaman.

2.    Ada 96 jeruk didalam 2 kotak. Jika 16 jeruk dipindahkan dari kotak pertama ke kotak kedua, jeruk dikotak kedua menjadi 3 kali lebih banyak dari jeruk dikotak pertama. Ada berapa jeruk di setiap kotak mula-mula ?

Jawab :

Ada 40 jeruk didalam kotak pertama pada awalnya
Ada 56 jeruk didalam kotak kedua pada awalnya

3.    Usia ibu Camelia adalah 4 kali usia Camelia. Jumlah usia mereka sepuluh tahun yang akan datang adalah  60 tahun. Berapa usia mereka masing-masing sekarang ?

Jawab :

Usia Camelia  sekarang 8 tahun
Usia ibu Camelia sekarang 32 tahun

4.    Total  panjang 3 tali adalah 220 cm. tali pertama adalah 20cm lebih panjang daripada tali kedua. Panjang tali ketiga adalah dua kali panjang tali pertama. Berapa panjang masing-masing tali ?

Jawab :

Panjang tali pertama 60 cm
Panjang tali kedua 40 cm
Panjang tali ketiga 120 cm

5.    Sebuah bilangan ditambah dengan 3 lalu dikalilan dengan 3. Lalu,, hasil perkaliannya dikurangi 3. Kemudian, hasil pengurangannya dibagi 3, dan hasil akhir adalah tetap 3. Berapakah bilangan tersebut ?

Jawab :

Bilangan itu adalah 1

6.    Bibi Juli tinggal disebuah apartemen. Juli harus menaiki 24 anak tangga dari lantai dasar kelantai dua. Dilantai berapakah bibi Juli tinggal jika seluruh anak tangga yang dinaiki Juli ada 96 buah ?

Jawab :

Bibi Juli tinggal di lantai 5

7.    Seekor kelinci jantan berada sejauh 32 m dari seekor anjing pemburu. Kecepatan lari kelinci adalah 6 meter perdetik. Anjing pemburu berlari dengan kecepatan 10 meter perdetik. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh anjing pemburu untuk menangkap kelinci tersebut ?

Jawab :

Anjing pemburu memerlukan 8 detik untuk mengejar kelinci

8.    Dua kereta api berangkat dari stasiun kereta api yang sama tapi berlawanan arah. Berapa jauh kedua kereta api tersebut terpisah setelah 5 jam jika kecepatan kereta api yang satu adalah 60 km/jam dan kecepatan kereta api lainnya adalah 70 km/jam ?

Jawab :

Kedua kereta api akan terpisah sejauh 650 km satu sama lain setelah 5 jam

9.    Andri berjalan dari rumahnya kesekolah setiap pagi. Jika ia berjalan dengan kecepatan 40 meter permenit, ia akan terlambat 3 menit kesekolah. Jika ia berjalan dengan kecepatan 60 meter permenit, ia akan tiba disekolah 1 menit lebih cepat. Berapa jarak antara rumah Andri dan sekolah ?

Jawab :

Jarak antara sekolah dan rumahnya adalah 720 meter

10.    Berat satu gajah empat kali berat satu sapi. Berat satu sapi sama dengan berat 3 ekor kuda. Berat satu kuda sama dengan berat 3 domba. Berapa domba yang diperlukan agar beratnya sama dengan satu gajah ?

Jawab :

Berat 1 gajah sama dengan berat 36 domba

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »