Ciri-ciri makhluk hidup


Kali ini, kita akan membicarakan tentang ciri-ciri makhluk hidup

1. Bernapas

ciri-ciri makhluk hidup
Belalang; Bernapas dengan Trakea
Bernapas adalah proses pengambilan udara berupa oksigen (O2) yang digunakan sel-sel dalam tubuh untuk pembakaran sari-sari makanan (glukosa) proses ini menghasilkan energi dan mengeluarkan at sisa berupa karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O).

Alat pernapasan pada makhluk hidup paru-paru,insang, dan trakea.

Contoh, manusia dan mamalia yang hidup di air bernapas dengan paru-paru, ikan  bernapas dengan insang, serangga bernapas dengan trakea.dll.

2. Bergerak

Bergerak yaitu mampu atau dapat berpindah dari tempat satu ketempat yang lain.tubuh manusia dan hewan memiliki alat gerak sedangkan gerak pada tumbuhan disebabkan adanya rangsangan dari dalam tubuh tumbuhan sendiri atau dari lingkungan sekitar. 

Contoh putri malu bergerak ketika mendapat sentuhan dll.

3. Tumbuh dan berkembang 

- Pertumbuhan adalah proser pertamabahan ukuran tubuh makhluk hidup karena pertambahan jumlah sel dan pembesaran sel-sel tubuh 
- Perkembanagan adalah proses menuju kedewasaan pada makhluk hidup.

4. Berkembang biak

Setiap makhluk hidup berkembang biak (reproduksi) yaitu menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah.

Berkembang biak dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
- Secara kawin (generativ) misal dengan pembentukan sel kelamin,pembentukan biji,atau spora
- Secara kawin (Ciri-ciri makhluk hidup) misal dengan pembelahan diri,pembentukan umbi, pembentukan tunas.

5. Memerlukan makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.karena makanan diperlukan makhluk hidup untuk pertumbuhan,perkembangan,dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

6. Peka terhadap rangsangan

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk merespons setiap perubahan di lingkungan sekitarnya.contoh merasakan panas,dingin,cahaya,sentuhan,gravitasi dll.
Kemampuan makhluk hidup untuk bereaksi terhadap suatu rangsangan disebut iritabilitas.

7. Mengeluarkan zat sisa

Setiap makhluk hdup akan mengeluarkan zat sisa karena zat sisa tersebut apabila tidak dikeluarkan akan menjadi racun di dalam tubuh.
Proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh makhluk hidup disebut ekskresi.

Seperti proses respirasi atau bernapas manusia mengeluarkan karbondioksida dan uap air alat pengeluaran yang terlibat adalah paru-paru,kulit untuk mengeluarkan keringat, hati menngeluarkan cairan empedu dan ginjal untuk membuang urin dll.

Bahkan tumbuhan juga mengeluarkan zat sisa melalui proses penguapan berupa air,karbondioksida sebagai proses pernapasan dan oksigen akhir dari proses fotosintesis.

Virus tidak digolongkan sebagai organisme secara umum sebab virus tidak dapat berkembang biak maupun melakukan metabolisme secara independen. Meskipun memiliki enzim dan molekul-molekul yang menjadi ciri organisme hidup, virus tidak mampu bertahan hidup di luar sel inangnya, dan sebagian besar proses metabolisme virus membutuhkan inang beserta perlengkapan genetikanya


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »